Jumat, 28 Februari 2020

Murid: Kyai, kita kan sudah mukmin, sudah diberi petunjuk, Alhamdulillah. Namun mengapa setiap hari kita wajib baca "Ihdinasshirothol mustaqiim" (al Fatihah) sebanyak 17 kali?
Kyai: Muridku, andaikan engkau mau ke Jakarta sendirian naik motor. Sedangkan engkau tidak tahu jalan ke sana, maka apakah yang kamu lakukan?
Murid: Saya akan mengarahkan motor saya ke barat, lalu selalu tanya, jalan yang manakah yang menuju ke Jakarta kepada orang2 yang saya lewati.
Kyai: Maka dengarkanlah wahai muridku. Jalan ke Surga hanya Allah yang mengetahui, padahal jalan menuju ke Surga itu banyak sekali, namun hanya satu jalan yang hanya Allah saja yang mengetahui yang menuju Surga, sedangkan yang lainnya ke Neraka.
Andaikan hanya arah barat yang kau ketahui untuk menuju Jakarta. Maka untuk menuju ke Jakarta, tentu engkau mengarahkan motormu ke arah barat lalu selalu bertanya kepada orang2 yang kau jumpai, manakah jalan yang menuju ke Jakarta.?
 Itulah "Ihdinasshirothol mustaqiim" (al Fatihah) yang kau baca minimal sebanyak 17 kali dalam sehari. Semakin banyak bertanya, tentu kamu tidak akan tersesat untuk ke Jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar